Friday, November 16, 2018

Kepulauan Solor Sensasi Berperahu Motor Sederhana (Solor Archipelago Sailing sensation By A Simple Motorboat)

Larantuka adalah ibu kota kabupaten Flores Timur, ya sebuah Kota kecil yang terletak di ujung timur pulau flores ini ternyata menyimpan sejuta keunikan budaya dan keindahan alam yang masih alami sehingga mampu membuat setiap orang yang berkunjung ke beberapa tempat di Flores timur menyadari betapa indahnya alam ciptaan Tuhan ini. Diawali dari keadaan tata kota yang berkesan Religius ditandai oleh bangunan-bangunan Gereja, kapla-kapela serta tori-tori kecil tertata rapi di sepanjang kota di Larantuka dan Flores Timur sebagai peninggalan penjajahan dulu sehingga kota ini juga memiliki nilai sejarah religi yang tinggi.

Larantuka is the capital of East Flores district, yes a small town located in the eastern tip of the island of Flores which save a million unique culture and beauty of unspoiled nature so as to make everyone who visit several places in eastern Flores realize how beautiful nature of God's creation is , Starting from the state of urban planning characterized by impressive religious buildings such Church, chapel along the neat little town of Larantuka as a relic of colonialism, so that the city also famous for its high value on religious history.

wure adonara6


Di sebelah Timur Pulau Flores terdapat rangkaian pulau-pulau kecil yang memiliki pemandangan indah serta kebudayaan yang unik seperti halnya daerah-daerah lainnya di Indonesia sehingga Indonesia dijuluki dengan istilah "Negara Dengan Beraneka Ragam Budaya". Tiga pulau terbesar di wilayah ini adalah Pulau Solor, Pulau Adonara dan Pulau Lembata yang kesemuanya dinamakan dengan sebutan Kepulauan Solor. Kepulauan ini dapat dicapai dengan transportasi laut dari Larantuka di Flores Timur sehingga transportasi laut adalah hal biasa bagi warga setempat layaknya taxi di kota besar. Salah satunya adalah Desa Wure yang berada di Kecamatan Adonara Barat, Pulau Adonara seperti pada ilustrasi artikel ini.


Eastern of the island of Flores there are series of small islands that have beautiful scenery and unique culture as well as other regions in Indonesia which is causing Indonesia dubbed with the term of "The State With Assorted Culture". The three largest islands in the region are the island of Solor, Adonara and Lembata which are all grouped as Solor Archipelago. These islands can be reached by sea transport from Larantuka in East of Flores island so sea transport is a normal thing for local people just like a taxi in big cities. One example is Wure, a village located in West of Adonara Island, as in the illustration of this article.


wure adonara2
wure adonara9
wure adonara1
wure adonara10


Desa wure juga dapat dicapai dengan menumpang kapal motor sederhana dan yang tak kalah menariknya adalah melihat keindahan pantai serta dalam perjalanan anda akan selalu dimanjakan dengan tampilan jajaran pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang terletak tepat pada selat Flores.


Wure village can also be achieved with a simple motor boat and no less interesting is to see the beauty of the beach and on the way you will always be pampered with the ranks of small uninhabited islands located right on the strait of Flores.


wure adonara7


Wure adalah sebuah desa kecil yang memiliki nilai historis religi di Nusa Tenggara Timur, tepatnya terletak di Kabupaten Flores Timur (Flotim). Disamping itu daerah lainnya seperti Lohayong, Pulau Solor, Larantuka hingga Wure di Adonara adalah tempat peninggalan Portugis dan sekarang menjadi tempat sejarah perjalanan religi di Flotim. Setiap tahun ribuan peziarah umat Katholik dari dalam dan luar negeri datang berkunjung ke wilayah Flotim ini.


Wure is a small village that has historical value of religion in East of Nusa Tenggara, precisely located in East Flores. Among other areas such as Lohayong, Solor Island, Larantuka and Wure in Adonara were a Portuguese heritage and now is becoming a place of religion history of East Flores. Every year thousands of Catholics pilgrims from local and abroad come to visit this region.


wure adonara8


Sampai sekarang, baik wisatawan domestik atau luar negeri yang berkunjung ketempat ini hanya menggunakan perahu motor sederhana karena inilah keunikan jika berkunjung ke kepulauan solor atau seperti contohnya ke desa Wure. Sebuah Pulau indah yang merupakan bagian dari pulau-pulau di Indonesia, yang mana untuk menjangkaunya harus menggunakan akses transportasi laut yang sangat sederhana.


Until now, either domestic or foreign travelers who are visiting to this place, they are only using a simple means of transportation such a simple motor boat because that is the uniqueness when visiting Solor Archipelago or Wure Adonara for example. A beautiful island which is part of the Indonesian archipelago, when to reach it have to use very simple sea transportation.








Article by Ketut Rudi
Photos by Juvenaris Beribe On His Journey To Wure Adonara

No comments:

Post a Comment