Thursday, November 15, 2018

Mengunjungi Panorama Baru (Pantai Tablolong) "Exploring New Panorama (Tablolong Beach)"

Pantai Tablolong adalah salah satu pantai yang populer di Nusa Tenggara Timur. Pantai yang memiliki panorama indah dan terlihat begitu sempurna. Kehidupan bawah lautnya penuh dengan ikan. Dalam kesempatan tertentu, pengunjung lokal yang datang ke Tablolong akan menikmati suasana sembari memancing. Pantai memiliki pasir putih dan sangat bersih.
Tablolong Beach is one of popular beaches in East Nusa Tenggara. The beach has wonderful panorama and looks so perfect. The underwater life is full with fishes. In a certain occasion, local visitor who comes to Tablolong will enjoy fishing. The beach has white sand and very clean.
tablolong 1

Hal ini menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk semua orang selama akhir pekan. Dekat dari pantai Tablolong, ada sebuah desa nelayan. Selain itu, popularitas pantai identik dengan kebersihannya dan pasirnya yang halus. Dengan air seperti kristal dan tenang, daerah ini sangat cocok untuk bersantai dan berenang. Jika Anda menyukai snorkeling dan menyelam, Pantai Tablolong memiliki pemandangan bawah laut yang eksotis.


  • Lokasi Pantai Tablolong


Pantai Tablolong ada di Desa Tablolong , Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Itu terletak sekitar 30 km dari kota. Anda dapat pergi ke sana dengan mobil atau sepeda motor. Jalan menuju pantai ini berkelok-kelok dan sempit. Setelah itu, Anda akan melewati hutan yang tenang. Pemandangan ini akan menemani Anda selama perjalanan Anda ke Pantai Tablolong. Kadang-kadang, Anda akan melihat penduduk setempat yang membawa jerigen untuk mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari. Lokasi pantai adalah di ujung barat Pulau Timor. Cara termudah dan tercepat untuk pergi ke pantai adalah melalui 'Jalan Tengah'. Itu berarti Anda akan melewati Daerah Bakunase dan Kupang Barat dengan melewati Oenesu. Setelah anda masuk ke daerah pantai, sekitar 300 meter, anda akan menemukan bangunan terbuka dengan bangku dan atap bulat. Beberapa orang menggunakan bangunan ini untuk beristirahat dan bersantai sebelum mereka menjelajahi daerah pantai. Jalan telah dikembangkan dan ditingkatkan dengan sangat baik.

This is become favorite place for everybody during weekend. Just near to Tablolong beach, there is a fishermen village. Besides that, the popularity of the beach is identical to clean area and smooth sand. Surrounded by crystal water and quiet place, this area is suit to relax and swimming. If you love snorkel and dive, Tablolong Beach has exotic underwater scenery.

  • Details Of Location 

Tablolong Beach located at Tablolong Village, Sub - District of West Kupang, Kupang Regency, East Nusa Tenggara, Indonesia. It lies around 30 km from the city. You can go there by a car or motorcycle. The road toward to the beach is winding and narrow. After that, you will pass a quiet forest. This scenery will accompany you during your journey to Tablolong Beach. Sometime, you will see local resident who bring jerrycan to get water for daily needs. The location of beach is at the west tip of Timor Island. The easiest and fastest way to go to the beach is through ‘the Middle Way’. That is mean you will pass Bakunase Region and West Kupang by passing Oenesu Region. After you enter to the area for about 300 meter, you will find open building with bench and round roof. Some people use this building to rest and relax before they explore the beach area. The road has been developed and improved very well.  


DSC_0577


  • Kegiatan

Yang Bisa Dilakukan Ketika anda datang ke Pantai Tablolong, Setelah anda tiba di pantai ini, anda akan memuja keindahan panoramanya. Panjang garis pantai hampir 3 km. Pantai memiliki pasir putih, batu dan berombak tenang. Tablolong sering menjadi tempat memancing dan kompetisi dayung. Peserta dari seluruh dunia datang ke sini untuk bergabung dan melihat kompetisi itu. Ketika air laut surut, orang dewasa dan anak-anak yang sibuk untuk mencari siput di sekitar batu. Ini adalah salah satu kegiatan saat air dangkal. Ujung Pantai Tablolong adalah area pribadi. Pemilik akan mengenakan biaya untuk membayar Rp3..000 atau US $ 0,3 untuk masuk daerah ini.

  • Activities
When you come to Tablolong Beach, Once you come to the beach, you will adore the beauty of it's panorama. The length of coastline is almost 3 km. The beach has white sand, rocks and calm wave. Tablolong often becomes a fishing spot and oar competition. Participant from all around the world come here to join and see the competition. When the tide is low, adults and kids busy to seek snail around the rocks. This is one of activity when the water is shallow. The tip of Tablolong Beach is a private area. The owner will charge you to pay IDR3,000 or US$0.1 to enter this area.

tablolong 2


Siapa pun yang sudah datang ke pantai ini akan mengagumi sebuah pemandangan yang eksotis karena anda akan melihat hamparan pasir putih dengan kombinasi air jernih dan pirus. Hanya sedikit orang yang datang ke sini setiap harinya. Tapi, suasana kerumunan yang ramai pada akhir pekan dan hari libur. Sepanjang pantai, ada pondok-pondok tempat istirahat. Dan karena Tablolong menghadap langsung Pulau Rote, Anda akan melihat pulau itu kecil dari kejauhan. Dengan kondisi sempurna, pemerintah daerah harus mengembangkan pantai ini untuk menjadi lebih populer. Itu berarti warga setempat akan mendapatkan manfaat dari turis yang datang ke Tablolong. Ketika anda datang ke Pantai Tablolong, Anda akan melihat di tempat ini ada banyak fasilitas, seperti taman bermain dan pondok. Namun, kegiatan yang sempurna yang dapat anda lakukan di pantai ini adalah berenang, mandi matahari, dan menyelam. Jika anda lapar, anda tidak perlu khawatir tentang hal itu karena ada warung yang menjual jagung rebus, jagung bakar, ikan bakar, dan kelapa muda. Ketika Anda menjelajahi Pantai Tablolong, jangan lewatkan pohon bakau. Pohon-pohon yang tumbuh di tengah-tengah batu.

Anyone who has comes to the beach will admire the exotic scenery because they saw the stretch of white sand with combination of clear and turquoise water. Only few people come here on daily basis. But, the atmosphere will change to crowd at weekend and holiday. Along the beach, there are lodges available for rest. Because of Tablolong beach faces right to Rote Island, you will see small spot of the island from distance. With perfect condition, the local government should develop the beach to make it becomes more popular. That is mean local resident will get the benefit from tourist who come to Tablolong. When you come to Tablolong Beach, you will see there are many facilities already available, such as playground and huts. However, the perfect activities you can do in this beach are swimming, sun-bathing, and diving. If you hungry, you don’t have to worry about because there are food stalls selling boiled corn, roasted corn, roasted fish, and young coconut. When you explore Tablolong Beach, don’t miss mangrove trees. The trees exist at the middle of the rocks.




Picture by : Wirayudha Sujionohadi and Ketut Rudi
From many sources

No comments:

Post a Comment