Thursday, November 15, 2018

Keindahan Timor Tengah Selatan NTT Indonesia (Explore The Beauty Of Centre South Of Timor Island Indonesia)

Indonesia adalah negara kepulauan, dari beribu-ribu pulau yang ada masing-masing memiliki keindahan dan panorama alam tersendiri dengan beragam adat istiadat yang membuat negara ini berwarna - warni. Indonesia adalah negara yang indah. Seluruh warga negara Indonesia yang hidup di dalamnya juga pasti tau akan hal ini, tapi sudahkah anda berkunjung dari ujung timur ke barat Indonesia yang penuh dengan keindahan alam?. Seluruh keindahan itu tidak hanya memukau warga Indonesia tetapi juga orang-orang dari segala penjuru dunia. Pada artikel kali ini, photo story akan mengajak anda berjalan-jalan ke Timor Tengah Selatan, sebuah daerah di pulau Timor yang memiliki keindahan alam yang unik.

Indonesia is an archipelago, of the thousands island where each of island has its own beauty and natural scenery with a variety of traditions that make this country colorful. Indonesia is a beautiful country. All Indonesian citizens who live in also must know about this, but have you ever visit from east end to the west of Indonesia which full of natural beauty?. The whole beauty of it is not stunning for Indonesian citizens only but also people from all over the world. In this article, photo story will take you a long walk to the TTS, an area on the island of Timor which has a unique natural beauty.

Air Terjun Oehala (Oehala Waterfall)
 
Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mempunyai banyak objek wisata yang sangat indah dan unik seperti salah satu air terjunnya yaitu Air Terjun Oehala. Merupakan Air Terjun yang sangat indah karena air terjuna oehala dikelilingi oleh alam yang masih sangat alami, asri, sejuk dan bersih dan keunikannya adalah air terjun ini bertingkat tujuh. Setiap akhir pekan atau liburan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ada di kota Soe maupun dari luar kota Soe. Air terjun Oehala berjarak 10 km arah utara kota Soe dan dapat ditempuh ± 15 menit dengan menggunakan kendaraan.

South Central Timor (TTS) has many attraction that are very beautiful and unique as one waterfall is Oehala waterfall. Is a very beautiful waterfalls because Oehala surrounded by nature that is still very natural, beautiful, airy and clean, and its uniqueness is seven-storey waterfall. Every weekend or holiday this place is visited by many tourists in the city of Soe and outside the city. Oehala waterfall is 10 km north of the city of Soe and can be reached ± 15 minutes by car.

air terjun oehala8 air terjun oehala7 air terjun oehala6 air terjun oehala5 air terjun oehala4 air terjun oehala3 air terjun oehala2 air terjun oehala1

Pegunungan Fatunausus (Mountainous Of Fatunausus) 
 
Batu besar menyerupai berbagai bentuk akan memanjakan mata anda, merupakan tempat persembahyangan bagi masyarakat suku Mollo, yang berdomisili di sekitar batu tersebut. Dari ketinggian 1.500 m di atas permukaan laut, anda akan menjumpai panorama alam pegunungan dan alam lembah yang sangat indah. Obyek wisata ini, terletak di desa Netpala, Kecamatan Netpala, Kabupaten Timur Tengah Selatan, berjarak 138 km dari Kupang dan 28 km dari Kota Soe, dengan jarak tempuh 3 jam dari Kupang.

Large stones resemble in various forms will spoil your eyes, is a place of worship for the people of Mollo tribes, who live around the stone. From an altitude of 1,500 m above sea level, you will find natural scenery of the mountains and the natural scenic valley. This tourist attraction, located in the village of Netpala, District of Netpala, South Central East District, located 138 km from Kupang and 28 km from the city of Soe, with a distance of 3 hours from Kupang.

fatunausus9 fatunausus8 fatunausus7 fatunausus6 fatunausus5 fatunausus4 fatunausus3 fatunausus2 fatunausus 1

Pantai Kolbano (Kolbano Beach)
 
Pantai kolbano merupakan salah satu objek wisata pantai yang cukup indah yang ada di kabupaten TTS provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai ini masih sangat asri dan alami dan menyajikan pesona pantai yang sangat indah dan pantai ini terkenal dengan kerikil seribu warna dan pada bagian tertentu juga berpasir putih. Saat ini kerikil berwarna ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Timor dan sudah dieksploitasi seperti dikirim ke berbagai daerah di NTT dan luar NTT sebagai krikil hiasan pada taman rumah atau hotel. Pantai kolbano memiliki arus atau gelombang yang cukup besar dan kedalamannya yang cukup curam. Dipantai kolbano juga terdapat sebuah bongkahan batu besar yang disebut Fatu Un dan menjadi keunikan tersendiri. Pantai Kolbano berjarak ± 80 km arah selatan Kota Soe dan dapat ditempuh dalam waktu ± 1,5 jam s/d 2 jam.

Kolbano beach is one of the beach attractions which is quite beautiful in the district of TTS East of Nusa Tenggara province. This beach is very beautiful and so natural and also representing the charm of a beautiful beach and here is famous for a thousand colors of gravel and in certain parts of white sandy also found. Currently colored gravel is already very popular among the people in East Nusa Tenggara and already exploited as sent to various regions in the province and outside of NTT as garden decoration of houses or hotel. Kolbano beach has currents or big enough waves and deep enough steep. Kolbano coast is also found a large boulder shaped stone called Fatu Un and become unique. Kolbano beach is ± 80 km south of the city of Soe and can be reached within ± 1.5 hours s / d 2 hours.

kolbano3 kolbano2 kolbano1

Danau Fatukoto Dan Keindahan Alam Dari Ketinggian

Sebuah pemandangan Danau yang cukup menawan beserta Fatunausus atau gunung batu yang tersembunyi di sebuah Desa bernama Fatukoto, terletak di Pulau Timor yaitu tepatnya di Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten TTS, berjarak 138 km dari kota Kupang dan 28 km dari kota Soe, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam dari kota Kupang. Dalam perjalanan ke tempat ini anda bisa mampir sebentar di Sonaf Aijaobaki, pusat kerajaan Mollo. Dimana tempat ini ada banyak bekas peninggalan kerajaan Mollo dengan raja yang berkuasa pada saat itu yaitu Raja Oematan. Disepanjang perjalanan menuju Danau dan Fatuausus anda akan melewati pemandangan hutan dan kawanan hewan peliharaan seperti sapi yang berjalan atau berkumpul mencari makan di padang rumput sehingga memberikan suasana tersendiri. Anda bukan seorang petualang sejati jika belum berkunjung ke tempat ini. Kehidupan warga yang masih sangat tradisional akan anda jumpai. Warga yang ramah dan tentu sebuah surga baru bagi para petualang.

A view of a lake is quite charming as well as Fatunausus or hidden rock in a village called Fatukoto, in the island of Timor, precisely in the District of North Mollo, of TTS, is 138 km from the city of Kupang and 28 km from the town of Soe, with mileage approximately less than 3 hours from city of East Nusa Tenggara Kupang. On the way to this place you can stop at Sonaf Aijaobaki, the center of the Mollo kingdom. The place where we can found a lot of legacy of Mollo kingdom with the king was King Oematan who rule the kingdom at that time, . Along the way towards to the lake and Fatuausus you will pass through a scenic forest and herd of domesticated animals such as cows walk or gather forage in the pasture to give a new atmosphere. You are not a true adventurer if you have not been to this place. People are running their life traditionally that you will meet. Residents are friendly and certainly a new paradise for the adventurer.

Kuda di Mollo TTS1 danau fatukoto3 danau fatukoto2 danau fatukoto1 Bolapalelo, mollo, tts-ntt hutan Ampupu1 Bolapalelo, mollo, tts-ntt

Pantai Oetune (Oetune Beach)
 
Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) punya sejumlah objek wisata yang menjanjikan, namun belum digarap secara maksimal. Salah satu di antaranya, Pantai Oetune di Kecamatan Kualin. Pantai dengan hamparan pasir putih yang luas membuat pantai ini dikategorikan unik. Seperti melintasi sebuah padang pasir. Pantai Oetune memiliki rute perjalanan yang searah ke pantai Kolbano berjarak ± 20 km arah selatan Kota Soe dan dapat ditempuh dalam waktu ± 40 menit.

South Central Timor (TTS) has many potential attractions, but has not developed optimally. One of them, in the District of Kualin is Oetune Beach. Wide white sandy beach makes the place is considered unique. Like crossing a desert. Oetune beach has a direct travel route to Kolbano beach within ± 20 km south of the city of Soe and can be reached within ± 40 minutes.

pantai oetune1 pantai oetune2 pantai oetune3 pantai oetune4 pantai oetune5

Kabupaten TTS, merupakan daerah yang unik karena diapit oleh empat daerah, yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten TTU dan Belu, termasuk Timor Leste. Kabupaten ini memiliki karateristik masyarakat dan wilayah pegunungan maupun pantai yang sangat unik. Keadaan geografi dan topografi yang sangat luar biasa dan besar potensinya. Jangan lupa berkunjung ke Timor Tengah Selatan NTT Indonesia, dan buktikan sensasi keindahannya. Sebuah surga di Dunia. Surga yang diberi julukan Pulau Karang di Indonesia. Memang benar pulau Karang yang panas namun sebuah pulau karang yang sangat indah dan satu-satunya di Indonesia.
 
TTS districts, is a unique area because it is flanked by four regions, such as the city of NTT Kupang, District of Kupang, TTU and Belu, including East Timor. This district has a unique characteristic of communities and mountainous regions and beaches also are very unique. Geography and topography are very remarkable and great potential. Do not forget to visit TTS NTT Indonesia and prove the sensation of its beauty. A paradise in the World. Heaven dubbed Coral Island in Indonesia. It is true for that hot coral island but a very beautiful coral islands and the only one in Indonesia.



Article by Ketut Rudi
Photos by Elghizel Glen Ndjukambani

No comments:

Post a Comment